Berkunjung ke Pulau Seribu, Jangan Lakukan Hal Ini!

28 Nov

Melakukan kegiatan liburan seperti berkunjung ke Pulau Seribu memang menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Hampir semua dari kita yang sehari-harinya bekerja keras untuk menghasilkan penghasilan pasti ingin melakukan liburan sesekali. Memilih tempat liburan untuk jangka liburan yang singkat pasti inginnya di tempat yang dekat saja.

Pulau Seribu yang memang lokasinya itu masih sangat mudah dijangkau karena dekat dengan pusat kota, memang banyak menjadi pilihan. Namun, kebanyakan dari kita itu hanya fokus pada kegiatan liburan saja saat hendak bersenang-senang. Padahal ada beberapa hal yang harusnya dipahami saat berkunjung ke Pulau Seribu, agar proses liburan tetap mengesankan.

Salah satunya dengan memperhatikan apa saja hal yang sebaiknya tidak dilakukan, agar diri Anda dan keluarga juga terjaga pastinya. Mengenai hal yang baiknya tidak dilakukan itu memiliki makna yang sangat luas, ada yang berarti sesuatu yang tidak boleh dilakukan karena berdampak langsung pada alam atau yang berdampak pada diri Anda.

Hal Yang Dilarang Saat Berwisata ke Pulau Seribu

Sebagai tempat wisata yang memang bentuknya pulau itu pasti ada banyak pantangan dan hal yang seharusnya tidak boleh Anda lakukan. Berkunjung ke Pulau Seribu itu selain sangat asik dan menyenangkan, ada banyak juga fakta yang harusnya Anda ketahui. Apalagi yang mana lokasinya itu di Indonesia, dimana memiliki nilai mistis juga di dalamnya.

Untuk hal pertama yang harusnya harus Anda cegah dan usahakan tidak dilakukan ialah berkata suatu hal yang buruk. Sebagai contoh saja yaitu dikenal dengan istilah “ngomong sompral” dimana bisa saja ada pihak yang tersinggung nantinya. Terlebih lagi jika Anda berada di beberapa daerah atau wilayah yang tidak Anda ketahui sama sekali.

Apalagi tempat yang Anda datangi tidak dengan didampingi oleh tour guide, akan lebih baik mencegah daripada mengatasi. Hal lainnya, tidak mencoret-coret dan meninggalkan jejak buruk lainnya di lokasi tujuan wisata. Karena, secara material ini bisa merugikan desa sekitar dan juga menimbulkan akibat buruk untuk diri Anda sendiri.

Selanjutnya, yang harusnya dipahami dan sering dianggap remeh ialah suka membuang sampah sembarangan. Pulau Seribu yang merupakan pulau harusnya Anda jaga kelestarian alam dan lingkungannya dengan tidak membuang suatu hal sembarangan. Hal lainnya yang harus diperhatikan saat berkunjung ke Pulau Seribu ialah, tidak memegang koleksi di pulau tertentu karena sangat mudah rapuh.

Akibat Yang Mungkin Ditimbulkan Jika Melanggar Larangan Yang Ditetapkan

Ini semua ada akibat yang bisa Anda lihat secara fisik maupun tidak, semua tergantung dari hal yang Anda lakukan. Misalnya Anda membuang sampah sembarangan dan ternyata ada ketetapan hukum dari masyarakat setempat, maka Anda harus siap dengan risikonya. Untuk contoh lainnya, seperti pelanggaran menyentuh beberapa barang di pulau tertentu.

Karena alasan yang dipaparkan itu bisa membuat benda di pulau tersebut rusak, maka Anda harus siap mengganti rugi saat itu juga. Namun, sayangnya bisa saja benda yang Anda rusakkan itu tidak tersedia di pasar manapun. Tidak hanya itu, dikhawatirkan juga jika sesuatu hal yang harus Anda bayar itu bukan berupa material tertentu.

Ada banyak lagi beberapa ketentuan dan larangan yang harusnya tidak Anda lakukan saat berkunjung ke pulau ini. Pastikan lain kali Anda concern dengan hal tersebut agar tidak menimbulkan masalah saat berwisata dan berkunjung ke Pulau Seribu.