Liburan ke Pulau Pramuka? Siapa Takut!

12 Oct

Indonesia memiliki pulau yang begitu banyak dengan keindahannya masing-msaing. Salah satu bagian dari kepulauan seribu di Indonesia adalah pulau Pramuka. Mungkin And asudah tidak asing dengan nama pulau ini karena memang sepanjang tahun 2018, pulau ini sering disebut di media massa.

Kasus yang menimpa Ahok, Gubernur DKI Jakrta baru-baru ini mengenai penodaan agama terjadi di pulau Pramuka. Tidak dapat dipungkiri bahwa kasus ini dapat mendongkrak nama pulau Pramuka menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas. Bukan hanya sebagai lokasi dalam suatu kasus, tapi sebagai destinasi pariwisata yang sangat mengagumkan.

pulau pramuka

Pulau Pramuka merupakan pusat pemerintahan di kepulauan seribu sehingga menjadi destinasi utama bagi para wisatawan, baik lokal maupun asing. Banyak wisatawan yang datang berlibur ke pulau ini, bahkan suasana akan semakin ramai pada hari-hari tertentu, seperti hari raya Idul Fitri, Tahun Baru dan Natal.

Panorama yang indah dari Pulau Pramuka menjadi magnet tersendiri bagi wisatawan untuk memilihnya sebagai tempat wisata rekommended. Hal inilah yang membuat pulau Pramuka selalu dicantumkan setiap kali ada paket wisata di kepulauan Seribu.

Banyak biro wisata yang menawarkan beragam paket wisata ke pulau Pramuka, mulai dari perjalanan one day trip hingga menginap di pulau tersebut. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam, tergantung dengan destinasi dan agenda yang diberikan sehingga Anda bisa menyesuaikan sendiri harga dengan budget yang Anda miliki.

Panorama Mengagumkan dari Pulau Pramuka

Jika Anda pernah berkunjung ke pulau Pari dan menyukainya, Anda pasti juga tidak akan kecewa jika datang ke pulau Pramuka. Pulau ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan pulau Pari, dimana Anda akan mendapatkan hamparan pasir putih yang begitu luas sehingga bibir pantai pun cukup besar.

 Salah satu daya pikat yang dimiliki oleh pulau Pramuka adalah memiliki kawasan ekowisata dan wisata edukasi, berupa tempat penangkaran Penyu Sisik, tempat penangkaran ikan Hiu, dan area konservasi mangrove yang berada di bagian belakang pulau.

Adanya penangkaran ikan Hiu dan Penyu Sisik membuat wisatawan dapat melihat langsung bagaimana proses penangkatan hewan dikala masih kecil. Anak-anak pasti senang bisa melihat hewan-hewan lucu ini secara langsung.

Menjelajahi kawasan konservasi mangrove akan sangat menarik untuk dilakukan. Pohon-pohon rindang membuat suasananya semakin sejuk dan teduh. Kita akan merasakan bagaimana pentingnya pemeliharaan lingkungan melalui pepohonan seperti ini.

Setelah seharian berjelajah, Anda akan merasa lapar. Tidak perlu khawatir karena di pulau ini terdapat banyak restoran yang menyuguhkan beragam menu lezat. Anda dapat menjumpai restoran apung di sekitar penangkaran ikan Hiu dan Penyu Sisik.

Anda dapat merasakan sensasi makan yang tidak biasa karena restoran dibangun di atas permukaan laut sehingga Anda bisa makan sambil menikmati pemandangan alam sekitar. Tentu saja yang menjadi andalan adalah hidangan berupa seafood. Anda wajib mencoba kelezatan masakan dari restoran yang satu ini.

Baca Juga artikel yg lainya seputar wisata di kepulauan seribu :

Liburan akan terasa semakin lengkap jika Anda menikmati berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di pulau ini, seperti bersepeda, snorkeling, diving, atau merasakan sensasi menegangkan sekaligus menyenangkan dengan berbagai wahana permainan air.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Pulau Pramuka menawarkan berbagai sarana dan prasana yang memungkinkan kita untuk melakukan banyak aktivitas. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa kita lakukan selama di pulau Pramuka, yaitu:

Menikmati keindahan alam saat sunset dan sunrise

sunset pulau pramuka

Tidak ada yang bisa menyangkal, bahwa pulau Pramuka memiliki pesona alam yang luar biasa indahnya. Hamparan pasir yang digabung dengan ombak tenang membuat suasana damai begitu terasa. Pemandangan eksotis akan Anda dapatkan ketika sunrise maupun sunset. Banyak wisatawan yang rela datang pagi-pagi atau bahkan pulang larut untuk menikmati pancaran matahari yang terpantul ke air laut dengan begitu sempurnanya. Anda dapat memanfaatkan fasilitas menginap agar dapat melihat pemandangan alam menakjubkan ini.

Berkeliling di sekitar pantai

Jika Anda mulai bosan berdiam diri di tepi pantai, Anda dapat berkeliling menyusuri pantai menggunakan sepeda kayuh. Pihak pengelola menyediakan persewaan sepeda kayuh yang dipatok dengan harga sekitar Rp 15.000. Anda bisa berkeliling di sekitar pantai sambil menikmati keindahan alamnya. Selain itu, Anda bisa berkunjung ke tempat penangkaran ikan hiu, area konservasi mangrove dan tempat pelelangan ikan.

Menikmati watersport dan wahana permainan air

banana boat pulau di pulau pramuka

Belum lengkap rasanya jika kita berkunjung ke pulau Pramuka, tapi belum merasakan sensasi dari wahana permainan air dan watersport yang ada. Anda bisa mencoba single cano dengan harga sewa  Rp 35.000 dan double cano dengan harga sewa Rp 50.000. Selain itu, masih ada donat boat dan banana boat seharga Rp 35.000 per orang. Jika Anda ingin merasakan sensasi olahraga jetski, pulau ini juga menyediakan persewaan dimana Anda harus membayar Rp 150.000 per 15 menit penggunaan.

Menjelajah pulau sambil memancing

pulau pramuka mancing

Keindahan alam tidak hanya dimiliki oleh pulau Pramuka saja, jadi Anda bisa menjelajahi pulau untuk menemukan pemandangan menakjubkan lainnya. Anda bisa berkunjung ke pulau-pulau terdekat, seperti pulau Air, pulau Semak Daun dan pulau Gosong. Selain itu, Anda bisa menjelajahi dunia bawah air yang begitu indah. Sambil berjelajah, Anda bisa memancing di perahu untuk mendapatkan ikan. Untuk melakukan hal ini, Anda harus menyewa perahu seharga Rp 350.000 seharian dimana tempat tujuan sesuai dengan permintaan penumpang.

Camping

Meskipun pulau ini memiliki banyak penginapan, seperti hotel dan villa, tidak banyak wisatawan yang memilih untuk camping di tepi pantai. Camping membuat kita lebih dekat dengan pantai sehingga kita bisa menikmati keindahan alam pantai kapan saja. Selain itu, harganya juga lebih terjangkau, cocok bagi Anda backpacker.

Snorkeling dan diving

Keindahan bawah laut yang ada di pulau Pramuka tidak boleh dilewatkan. Anda bisa melakukan snorkeling atau diving untuk melihat habitat bawah laut yang menarik. Berbagai jenis ikan dan terumbu akan Anda jumpai. Dijamin, pemandangan ini akan memanjakan mata Anda. Harga sewa peralatan snorkeling sekitar Rp 35.000 untuk satu hari yang meliputi, pelampung, sepatu katak dan kacamata bawah air.

Hunting foto

Sudah bukan rahasia lagi jika pulau ini memiliki pesona alam menakjubkan. Anda harus mengabadikan momen berlibur ke pulau Pramuka sebagai kenang-kenangan di hari kelak. Banyak sisi dari pulau Pramuka yang bisa Anda pilih sebagai spot foto menarik. Anda juga bisa berfoto di bawah laut. Tidak perlu khawati bagi Anda yang tidak membawa kamera karena terdapat persewaan kamera seharga Rp 150.000 sampai Rp 200.000.

Perjalanan Menuju ke Pulau Pramuka

Pada umumnya, rute perjalanan yang ditempuh untuk kepulauan seribu hampir sama, yaitu menaiki perahu. Begitu juga dengan Anda yang ingin ke pulau Pramuka, Anda bisa menaiki perahu melalui pelabuhan Kali Adem di Muara Angke atau di dermaga Marina di Pantai Ancol.