Kumpulan Fakta Pulau Seribu yang Harus Anda Ketahui

15 Sep

Tentunya ada banyak sekali fakta Pulau Seribu yang wajib Anda ketahui, sebab dengan mengetahui fakta di baliknya maka Anda bisa mengenal lebih dekat mengenai pulau ini. Tentunya bagi semua orang terutama warga Jakarta maka sudah tidak asing dengan Pulau Seribu, dimana pulau ini berdekata dengan Jakarta sehingga menjadi salah satu tujuan wisata masyarakat.

Terdapat beberapa pulau dalam gugusan di Pulau Seribu ini, tentunya setiap pulau memiliki keindahan tersendiri sehingga wajib untuk Anda kunjungi. Namun tidak semua pulau tersebut berpenghuni akan tetapi tetap bisa dikunjungi, walaupun berdekat dengan Jakarta namun keindahan dan kealamian dari pulau ini masih sangat terjaga sehingga dijamin Anda tidak akan membuat Anda menyesal.

Apabila Anda tertarik dengan pulau ini maka wajib mengetahui fakta di dalamnya karena bisa menjadi bahan pertimbangan untuk mengunjungi atau tidak pulau ini. Oleh sebab itu dengan mengetahui fakta ini maka Anda bisa mengenal keunikan dan kelebihan dari pulau ini, berikut beberapa fakta Pulau Seribu ini yang wajib Anda ketahui.

Kaya Akan Flora dan Fauna

Fakta Pulau Seribu yang pertama adalah memiliki kekayaan akan flora dan fauna, walaupun berdekatan dengan Jakarta yang merupakan pusat ibu kota namun suasana pada kepulauan ini sangat berbeda dengan Jakarta. Tidak heran jika pulau ini dijadikan sebagai tempat wisata oleh Pemerintah setempat, ditambah lagi para warga juga memanfaatkannya dengan cara melestarikannya baik daratan maupun bawah lautnya agar terjaga dan tetap indah.

Tentunya keindahan tempat ini tidak hanya bawah lautnya saja namun juga daratannya, tidak heran jika ada banyak hal yang bisa Anda temukan di pulau ini. Apalagi beberapa warga sekitar mengadakan kegiatan yang berbentuk pelestarian seperti pelestarian terumbu karang, penangkaran penyu, hingga menanam mangrove sehingga menjadikan hutan. Pastinya kegiatan ini memiliki tujuan tertentu, dimana salah satunya adalah untuk menjaga ekosistem pulau ini sehingga bisa tumbuh dan berkembang.

Jadi tidak heran jika nantinya dapat mendatangkan para wisatawan, oleh sebab itu karena hal inilah yang membuat suasana Kepulauan Seribu dengan Jakarta jauh berbeda walaupun jaraknya dekat. Oleh sebab itu tidak heran jika banyak warga Jakarta berlibur ke kepuluan ini untuk menikmati suasana alami tanpa harus menempuh jarak yang jauh.

Selain fakta Pulau Seribu itu pulau ini juga banyak dihuni oleh para fauna, baik hewan darat maupun hewan laut. Di pulau ini Anda bisa melihat elang bondol, biawak, burung pecuk ular, hingga banyak lainnya. Untuk hewan lautnya juga tidak kalah banyak dimana mulai dari penyu sisik, penyu hijau, raja udang, dan masih banyak lainnya. Tentunya hewan tersebut belum tentu bisa Anda temukan dengan bebas di Jakarta.

Memiliki Pulau dengan Nama yang Unik

Tentunya nama merupakan salah satu bentuk identitas, begitu juga dengan nama pulau. Salah satu fakta Pulau Seribu lainnya adalah memiliki nama pulau yang unik. Tidak heran jika nama unik ini bisa menjadi salah satu cara dalam mendatangkan para wisatawan. Tentunya nama yang diberikan bukan sekedar nama asal saja, namun juga memiliki sejarah tersendiri.

Salah satunya adalah Pulau Tidung yang merupakan salah satu bagian dari kepulauan ini, dimana pada saat Belanda menjajah Indonesia maka pulau tersebut digunakan sebagai tempat untuk berlindung dari kejaran prajurit Belanda. Karena hal tersebutlah membuat nama pulau tersebut disebut Pulau Tidung, tentunya tidak hanya nama pulau tersebut saja yang unik namun juga terdapat beberapa pulau lain yang namanya tidak kalah unik.

Beberapa pulau tersebut adalah seperti Pulau Bidadari, Pulau Pari, Pulau Kotok, Pulau Pelangi, dan masih banyak lagi. Tentunya pemberian nama tersebut memiliki sejarah tersendiri sehingga Anda wajib mengetahuinya, selain itu setiap pulau memiliki keindahan tersendiri sehingga Anda wajib mengunjunginya. Sebab indahnya pulau tersebut tidak kalah indah dari tempat lainnya di Indonesia.

Terdapat Monas di Pulau Seribu

Pastinya kita semua tidak asing lagi dengan Monas, Monas atau Monumen Nasional merupakan ikon Jakarta. Tentunya tidak sah jika pergi ke Jakarta namun tidak mengunjungi Monas, namun salah satu fakta Pulau Seribu adalah terdapatnya Monas di pulau ini. Hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri, sehingga Anda juga wajib melihatnya. Sebab Monas di Pulau Seribu ini sedikit berbeda dengan Monas yang ada di Jakarta.

Karena jika Monas di Jakarta berada di darat maka Monas di tempat ini berada di bawah laut sehingga wajib untuk Anda lihat, tentunya pembangunan Monas di bawah laut ini merupakan salah satu bentuk dari perayaan Coral Day. Apabila Anda ingin melihatnya maka Anda bisa berkunjung ke salah satu pulau dari kepulauan ini yaitu Pulau Pramuka.

Apalagi banyak sekali wisatawan yang ingin melihat Monas ini karena sangat indah, walaupun hanya Monas mini. Namun pembangunan Monas ini merupakan salah satu bentuk dari bentuk kepedulian para warga sekitar terhadap terumbu karang yang ada di tempat tersebut. Mengingat terumbu karang merupakan salah satu daya tarik keindahan bawah laut dan fakta Pulau Seribu ini.

Monas mini ini sendiri berada pada kedalaman 5 meter dimana memiliki tinggi 2,5 meter, selain itu monas ini dikelilingi oleh 12 rak yang di dalamnya terdapat 16 bibit terumbu karang. Monas beserta dengan terumbu karang tersebut dinama Jakarta Coral Garde, jadi Anda wajib melihatnya apalagi keindahan bawah laut tempat ini juga tidak akan membuat Anda kecewa.

Terdapat Pulau Gosong

Fakta Pulau Seribu selanjutnya adalah di kepuluan ini juga terdapat salah satu pulau yang tidak kalah unik, dimana hal ini tercermin dari namanya yaitu Pulau Gosong. Jika mendengar nama Pulau Gosong pastinya yang Anda fikirkan adalah pulau tersebut gosong akibat terbakar, namun hal tersebut salah besar. Namun hal tersebut salah besar, sebab pulau ini tidaklah gosong.

Akan tetapi pulau ini sangatlah unik dan berbeda dengan pulau pada umumnya, karena jika pulau pada umumnya maka terdapat pepohonan maupun tumbuhan lainnya yang terdapat di atasnya. Akan tetapi pada pulau ini hanya ada hamparan pasir dan karang saja tanpa adanya tumbuhan.

Pulau ini juga hanya memiliki luas 100 meter, dimana hal inilah yang membuat pulau ini tidak kalah unik dari pulau lainnya. Apabila Anda ingin melihat pulau ini maka Anda bisa berkunjung ke Pulau Harapan karena lokasi pulau ini berdekatan dengan pulau tersebut. Keunikan lainnya yang dimiliki oleh pulau ini adalah ketika pada saat air laut pasang.

Karena Anda tidak akan dapat melihat pulau ini namun pada saat air laut surut maka Anda bisa melihat pulau ini termasuk bermain di atasnya termasuk sekedar berfoto saja. Oleh sebab itu wajib bagi Anda mengetahui fakta Pulau Seribu ini untuk mempertimbangkan dalam mengunjunginya.